00.00

Asian Kung-fu Generation

Posted by Reki To Yuri










Asian Kungfu generation, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ajikan, terbentuk di Yokohama pada tahun 1996. Line-up mereka adalah Goto masafumi (vokal/gitar), kita Kensuke (gitar), Yamada takahiro (bass) dan Ijichi kiyoshi (Drum). Sepanjang karirnya, mereka telah menelurkan 6 full album dan 5 buah EP yang sukses dipasaran. Musik mereka merupakan campuran dari punk-punk ala barat dan alternative rock yang diramu dengan musik indie rock ala Jepang. Para fans biasa menyebutnya genre Shimokita kei, diambil dari nama tempat live-house mereka biasa bermain, Shimokitazawa.

Pada awalnya, Ajikan mulai membuat lagu dengan lirik-lirik bahasa Inggris. Namun, mereka mulai dikenal oleh masyarakat Jepang setelah single pertama mereka yang berbahasa Jepang, "konayuki" diambil oleh sebuah radio disana dan terus diputar karena permintaan dari pendengar. Setelah itu mereka merilis album EP indie mereka yaitu "Hōkai amplifier" yang nantinya akan dirilis ulang oleh major label Ki/oon record. Lagu milik mereka yang berjudul Haruka kanata dan Rewrite diambil sebagai OST dari anime terkenal Naruto dan Full Metal Alchemist, yang turut menaikan popularitas mereka sampai keluar Jepang, termasuk Indonesia.
Ajikan juga sering didaulat sebagai pengisi dari acara-acara musik rock berprofil tinggi di jepang, seperti "Meet the world beat", "Fuji rock festival" dan "Rock in Japan fes".

Seperti yang ditulis diatas, kepopuleran Ajikan di Indonesia juga dimulai akibat pengaruh dari anime Naruto dan Full metal alchemist. Selain 2 lagu itu, ada juga l;agu "After dark" yang dipakai sebagai OST dari salah satu anime yang cukup terkenal di Indonesia, yaitu "Bleach". Musik mereka cukup diminati di komunitas jepang Indonesia dan ada beberapa band yang mengcover lagu-lagu mereka, sebut saja Bakabon dan Blue train.

Sayangnya, belakangan ini saya hampir tidak pernah melihat band-band yang membawakan full cover dari Ajikan ini, malah 2 cover bandnya yaitu Blue train dan Bakabon juga sudah bubar. Saya hanya sering mendengar lagu Haruka kanata dan rewrite saja yang dibawakan oleh Band-band di Indonesia, selebihnya jarang. Yah, saya cuma bisa berharap kalau ada lagi band di Indonesia yang mau mengcover mereka lagi.

Author choice : Haruka kanata, rewrite, 24 o' clock

1 comments:

adithya mengatakan...

aq ska bgt am asian kngfu gneration org am lgu'y cool bgt...................