06.02

Dir en Grey

Posted by Reki To Yuri





well.. siapa anak komunitas Jepang disini yang enggak kenal sama band ini?? Dir en grey merupakan salah satu band 'keras' asal Jepang yang sudah merambah ke pasaran internasional. Mereka telah berkiprah sejak tahun 1997 sampai saat ini dan sudah mengeluarkan 7 full album yang sukses di pasaran. Prestasi lain dari mereka adalah line-up personil yang tetap dari awal berdiri sampai sekarang. Personil lengkap dari Dir en Grey adalah Kyo (vokal), Kaoru (Gitar/backing vocal), Die (guitar/backing vocal), Toshiya (bass/backing vocal) dan Shinya (drum).

Musik mereka bisa dikategorikan kedalam genre rock/metal. Yang menjadi nilai lebih untuk nilai musikalitas mereka adalah permainan yang prima dan vokal yang powerful. sang vokalis, Kyo, sangat dikenal dengan suaranya yang khas, kuat, dan mampu menghasilkan suara-suara macam growl dan scream dengan sangat baik. Karena hal ini jugalah sang vokalis juga sering keluar-masuk RS karena permasalahan pada tenggorokannya! personil lain yang juga cukup terkenal adalah bassist Toshiya yang dianggap sebagai salah satu nilai jual dari Dir en Grey, dengan kemampuan musik yang lumayan tentunya.

Lirik-lirik lagu Dir en Grey, yang kebanyakan di tulis oleh Kyo biasa bernuansa 'dark' dimana di setiap lirik terdapat hal-hal negatif yang ada di sekitar kita. banyak hal yang diangkat dalam lirik lagu-lagu mereka, termasuk aborsi ("obscure") dan media massa ("mr. newsman").

sedikit catatan, Dir en Grey (menurut saya) adalah band Jepang yang paling terkenal di komunitas Jepang di Indonesia, atau setidaknya Jakarta. Coba saja tengok ada berapa band yang mengcover lagu-lagu Dir en Grey, dan ada berapa penonton yang minta lagu 'payung' dibawakan ?? satu lagi, untuk urusan cover lagu Dir en Grey, saya rasa hanya ada 2 band yang paling pas untuk membawakan lagu-lagu mereka, yaitu Shuriken dan X-shibuya. Untuk yang memilih band lain saya minta maaf, ini hanya opini pribadi aja yah..^^

Author choice : umbrella, byo[]shin, marmalade chainsaw

1 comments:

glorydayz mengatakan...

saia juga suka payung ~_^